Selasa, 08 Oktober 2013

Analisis 2 Paragraf

Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi. (Kalimat Lengkap & Kalimat Tunggal : terdiri dari subjek dan predikat dan Kalimat Verbal : alat komukasi untuk menyampaikan informasi yaitu alat komukasi (S) menyampaikan (P) informasi (O). )

Namun perlu diketahui juga bahwa fungsi bahasa pada dasarnya lebih dari sekedar alat untuk menyampaikan informasi, mengutaran pikiran, perasaan atau gagasan. (Kalimat Majemuk Bertingkat Setara Berlawanan : menggunakan kata namun, Kalimat Majemuk Bertingkat Penjelasan : menggunakan kata bahwa, Kalimat Majemuk Rapatan : menggunakan imbuhan me- serta pakai tanda koma (,) dan Kalimat Majemuk Setara Pemilihan : menggunakan atau)

Bahasa juga memiliki peran penting bagi calon guru, tidak terkecuali guru fisika. (Kalimat Majemuk Setara Berlawanan : menggunakan kata tidak terkecuali)

Guru yang profesional dituntut untuk menguasai bahasa yang baik dan benar. (Kalimat Pasif : menggunakan awalan di-)

Hal tersebut diperlukan agar komunikasi antara guru dengan murid berjalan lancar. (Kalimat Majemuk Bertingkat Tujuan : menggunakan kata agar)

Apabila kemampuan berbahasa seorang guru tidak baik, maka secara otomatis guru akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan siswa serta apa yang disampaikan akan sulit dipahami. (Kalimat Majemuk Setara Penguatan : menggunakan kata maka)

Para guru harus menyayangi dan mencintai siswanya melalui bahasa yang mereka gunakan. (Kalimat Majemuk Setara : Klausa utamanya Para guru (S) harus menyayangi dan mencintai (P) siswanya (O), menggunakan kata dan)

Artinya, para guru harus melihat sisi baik dari anak didik tersebut, jangan pernah melihat kekuranganya. (Kalimat Verbal : para guru (S) harus melihat (P) sisi baik (O) dari anak didik tersebut (K).... dan Kalimat Aktif : menggunakan imbuhan me-)

Siswa akan menerima tantangan menuju kehebatan jika mereka mengetahui gurunya mencintainya dengan tulus dan menghormatinya dengan tulus sehingga ketika para siswa mendapatkan cerita dan kasih sayang yang tulus dari gurunya selaku orang tua di sekolah, maka mereka akan dengan mudah menerima dan mencontoh hal-hal positif yang diberikan oleh guru mereka sehingga para guru mampu membentuk kepribadian siswa. Kalimat Majemuk Bertingkat Syarat : menggunakan kata jika, Kalimat Majemuk Bertingkat Tujuan : menggunakan kata maka dan Kalimat Majemuk Bertingkat Cara : menggunakan kata dengan)

Jadi, salah satu bekal yang harus dimiliki oleh calon guru fisika adalah menguasai bahasa dengan baik dan benar. (Kalimat Majemuk Bertingkat Cara : menggunakan kata dengan)  

Mohon maaf karena kesalahan teknis, Kelompok 4 kelas B prodi Fisika 2013 berjumlah 11 orang yang terdiri atas :
  1. Ana Istikomah
  2. Anisa Nur Azmi
  3. Arnys Yunita Sari
  4. Fazrul Falah
  5. Ivone Ujimawati
  6. Lisa Hartini
  7. Lita Lestari
  8. Mika Sari
  9. Mila Wati
  10. Nahed Nuwairah
  11. Rahmad Ariyadi

2 komentar:

  1. Nama: Halim Fadlianto
    NIM: A1C413038
    Kelompok keterampilan menyimak

    Apabila ingin menulis, apakah harus bisa membaca terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya Anda mengomentari post yang salah, tetapi akan saya balas disini.

      Tidak harus, karena menulis merupakan kegiatan menuangkan pikiran dalam media apapun. Sebelum menulis, kita dianjurkan untuk membaca sebuah contoh tulisan dan mengetahui aturan dalam menulis agar tulisan tersebut tetap fokus pada tujuan. Membaca bukan berarti kita menyalin tulisan orang lain, tapi sebagai petunjuk dalam kita menulis serta hanya sebgai contoh saja.

      Nahed Nuwairah
      (A1C413080)
      Kelompok Menulis

      Hapus